UTS, kemarin dan hari ini

kemarin aku online sebelum UTS Etika. aku datang di fakultas jam 11 kurang 5. aku pikir aku belum telat karena menurut jadwal, UTS Etika dimulai jam 11.15. tapi ternyata Pak Moses dan beberapa anak sudah berada di dalam kelas 302, bersiap-siap untuk memulai ujian. aku heran dan melirik jam tanganku. masih belum jam 11.15. tapi mengapa sudah mau dimulai? panik, aku buru-buru duduk di bangku nomor 2 dan mempersiapkan alat tulis, KRS, juga KTM.

soal etika sebenarnya tidak terlalu sulit. semua mengandalkan kemampuan kita menganalisis pertanyaan dan mengungkapkan pendapat kita sendiri terhadap soal-soal itu. tapi berhubung aku tidak konsentrasi, jawabanku jadi acak-acakan. dari 4 soal esai yang ada, aku hanya yakin pada jawaban untuk nomor 4. heu.... baiklah, aku coba menuliskannya di sini, sekalian untuk mengingat-ngingat soal sial yang membuatku pusing itu:

1. jelaskan pengertian etika dan ruang lingkupnya!
2. menurut anda, apa manfaat anda mempelajari etika bagi diri anda sebagai mahasiswa Universitas Airlangga dan sebagai anggota masyarakat?
3. jelaskan perbedaan etika, etiket, moral, hukum, dan agama! berikanlah masing-masing contoh konkritnya!
4. bagaimana anda menjelaskan hati nurani retrospektif dan hati nurani prospektif? berikanlah masing-masing contoh konkritnya!

aku hanya bisa menepuk dahi begitu melihat soal-soal ini.

menghadapi soal pertama, aku berusaha mengingat-ngingat apa yang tertulis di slidepresentasi Pak Moses maupun di catatanku. aku tidak bisa mengingatnya dengan jelas. maka dari itu aku merangkai kata-kata saja. untuk nomor dua, aku ingin muntah. di sinilah aku sebagai pentolan anak bahasa mempraktekkan teknik "menggombal". yah, aku mengakui sendiri bahwa jawabanku benar-benar tidak bermutu. banyak coretannya. aku memang tidak menggunakan tipe-ex karena aku pikir akan lebih cepat dan rapi jika aku cukup mencoret kata-kata yang salah. tapi bagusnya, jawabanku jadi penuh dengan ornamen coretan, apalagi di nomor 3. ugh! itu benar-benar soal yang membuatku mati kutu. mana poin terbesar terletak di nomor itu lagi... dan aku tidak bisa memberikan jawaban yang bagus! aku ingin menangis rasanya...

huff... itulah sekilas tentang akibat aku tidak belajar dengan serius kemarin.

belajar dari pengalaman itu, aku berusaha untuk lebih serius dalam persiapan menghadapi UTS Bahasa Indonesia hari ini. tadi malam aku berusaha untuk membaca buku bahasa Indonesia yang sudah kubeli. tapi aku begitu mengantuk dan akhirnya kuputuskan untuk tidur saja. paginya aku bangun dan mulai belajar lagi. memang ada momen-momen aku blank. tidak konsentrasi sepenuhnya. tapi kali ini aku belajar dengan cara yang berbeda: menerka kira-kira seperti apa soal yang keluar. dari soal Etika kemarin, aku mengambil hipotesis bahwa soal UTS di dunia perkuliahan lebih banyak menuntut kita untuk belajar kritis dan mandiri. jadi akan ada banyak soal yang memerlukan jawaban yang panjang dan berbelit-belit bersumber dari pemikiran kita sendiri mendominasi soal UTS. maka aku membaca catatanku (yang tentunya jauuuhhh lebih ringkas dari buku bahasa Indonesia yang bertele-tele itu) dan mencoba berpikir ala dosen. "kalau aku jadi dosen, soal apa yah yang akan aku berikan kepada mahasiswaku?" gumamku. lalu aku menemukan perkiraan soal mengenai fungsi bahasa. memang di catatanku hanya disebutkan tentang fungsi-fungsi bahasa secara pokok, yaitu fungsi komunikasi, ekspresi diri, integrasi dan adaptasi sosial, serta kontrol sosial. aku mencoba menguraikan penjelasan mengenai itu. feelingku mengatakan soal semacam ini akan keluar. akhirnya pikiranku terpusat untuk menguraikan fungsi-fungsi bahasa itu hingga energi otakku terkuras. akibatnya, moodku down untuk mempelajari yang lain. bodoh... tapi aku tetap berusaha membaca bab-bab lain walaupun cuma sekilas.

jam 9 aku ke Student Centre FIB. aku dan kelompokku akan mengerjakan poster layanan masyarakat untuk Pekan Ilmiah Mahasiswa UNAIR. memang ini tugas wajib dari Pak Moses. yah, aku tak keberatan sih... malah bagus, untuk tabungan skp-ku. berkat mengikuti lomba ini, skp-ku untuk semester ini berjumlah 60. aku sudah dapat 25 poin dari PPKMB. jadi, aku akan mendapatkan 85 poin skp. sementara itu, untuk bisa lulus S1, mahasiswa harus mengumpulkan minimal 100 poin. hore! peluangku untuk bisa mendapatkan predikat wisudawan terbaik bakal terbuka neh.. hehe...

sekitar jam setengah 10 barulah semua datang. kami mulai bekerja. laptop Gisca sudah mencapai power limit. harus segera di-charge. kami bergantung pada laptopnya karena yang memiliki software image editor semacam Photoshop hanyalah Gisca. kami naik ke lantai 2 dan mencoba untuk men-chargenya di area Wi-Fi milik departemen Sejarah. sialnya, stop kontak yang ada di sini begitu tinggi, hampir mencapai langit-langit. aku yang bertubuh tinggi diminta untuk mencolokkan kabel charger ke sana. aku sudah bersusah payah meraih stop kontak itu dan berhasil memasukkannya. sialnya lagi, stop kontak itu tidak berfungsi. akhirnya kami pindah ke ruang dosen Sastra Jepang. tapi sayangnya kami tidak boleh masuk ke sana karena tidak ada penjaganya. sial 3 kali. akhirnya kami memakai laptop Dewi untuk browsing foto-foto anak jalanan. begitu searching, tiba-tiba aku mendapat ide. aku mengajak Yudiah mencari anak-anak yang biasanya menjual koran di lingkungan sekitar kampus. mereka adalah contoh image yang pas untuk tema poster kami: pendidikan untuk anak jalanan. ah, pasti keren! aku sudah antusias mencari mereka, tapi malah tidak bertemu. aku dan Yudiah kembali ke lantai 2 dengan tangan kosong.

jam 11, diskusi bubar. aku, Yudiah, Gisca, dan Dewi menuju musholla untuk mengikuti PBA. tentorku datang telat sekali, hampit setengah jam. aku sudah gelisah menunggu karena aku belum makan. akhirnya sang tentor datang dan PBA berlangsung sekitar setengah jam. masih ada waktu untuk sholat dan makan siang.

jam 1, UTS bahasa Indonesia dimulai. aku hampir bersorak kegirangan begitu melihat soal-soalnya. ternyata tebakanku benar, ada soal yang meminta kami untuk menjelaskan fungsi-fungsi bahasa! oh, terima kasih ya Allah... soal-soal lainnya pun bisa kukerjakan dengan mantap. hmm... mungkin ini masalah kepercayaan diri juga ya... sebenarnya bobot pertanyaan Etika dengan bahasa Indonesia hampir sama. tapi mungkin aku kurang percaya diri karena aku tidak belajar dengan serius. tapi kali ini aku cukup percaya diri dan bisa mengerjakan soal dengan baik. senangnya!

ya Allah, terima kasih atas segala ridhoMu ini...

0 komentar:

 

Design in CSS by TemplateWorld and sponsored by SmashingMagazine
Blogger Template created by Deluxe Templates