Kore Kara No Nihon Kenkyuu

hari ini tidak ada kuliah Hatsuon maupun Shokyuu karena ada public lecture ASJI (Asosiasi Studi Jepang Indonesia). aku, Kome, Ian, Risa, Nene, dan Ephine menjadi panitia. memang tuags kami bisa dibilang sepele, tapi cukup melelahkan. aku, Ian, Ephine, Nene, dan Risa mengurusi bagian absen, menyambut tamu, membagikan materi, dan mendokumentasikan acara, sementara Kome menjadi MC untuk acara ini.

jam 8 pagi para panitia sudah berkumpul memakai jas almamater. sebenarnya kondisi tubuhku masih belum membaik, tapi aku paksakan untuk datang. ini acara penting dan aku harus join ke dalamnya. sebelum acara dimulai, kami sempat foto-foto dulu. dasar narsis! fotonya masih di hp Nene. mudah-mudahan di-upload segera xp

Putri-sensei menyuruhku untuk memfotokopi materi kuliah. Putri-sensei tidak bilang harus diambil kapan, tapi aku taruh saja di tempat fotokopi. beberapa menit sebelum acara dimulai, Putri-sensei menyuruhku mengambilnya. aku ke tempat fotokopi sendirian. di sana memang sudah difotokopi semua, tapi belum distaples. supaya cepat aku ikut membantu. saat lagi asyik berkutat dengan fotokopian itu, seseorang berdiri di sebelahku. aku menoleh. ternyata Puguh-sensei berdiri seperti mengamatiku, seolah-olah ada sesuatu yang aneh dariku. aku hanya tersenyum getir. Puguh-sensei bertanya kira-kira kapan kuliah umumnya selesai. aku tidak tahu pasti, tapi rasanya kami tidak bisa ikut kulia Ei-go. begitulah, lalu sensei menyelesaikan urusannya di tempat fotokopi itu dan pergi begitu saja. whatta freak person....

sekitar jam 9 para peserta mulai berdatangan. aku pikir mahasiswa studi Jepang dari universitas lain juga bakal datang. tapi yang kutemukan hanya mahasiswa Sastra Jepang UNAIR sendiri, mulai dari 4nen, 3nen, 2nen, dan tentu saja 1nen. kalau tidak salah ingat, pembicara datang dari ASJI. aku memang tidak bisa mengingatnya dengan baik, apalagi dengan otak yang terkontaminasi virus pilek. aku hanya menjalankan tugasku, yaitu menjaga absen, menyambut tamu, dan membagikan materi kuliah. sebenarnya panitia diperbolehkan masuk mengikuti kuliah. tapi aku sendiri lagi ga mood. seandainya aku ikut, pasti aku akan banyak bertanya. tapi aku merasa hari ini harus puasa ngomong dulu, mengingat suaraku berubah menjadi sengau karena pilek. di luar aku bercanda dengan panitia yang lain. tanpa terasa, kuliah umum selesai. masih ada waktu untuk kuliah Ei-go. aku merasa lelah dan pusing. sebenarnya aku ingin bolos kuliah Ei-go saja. tapi akhirnya aku putuskan untuk tetap kuliah.

kuliah Ei-go tidak begitu menarik. kami menonton film "Midsummer's night dream" yang daingkat dari karya Willian Shakespare. aku tidak menemukan hal yang menarik dari film itu. benar-benar membosankan. hhh... seandainya bisa nonton film yang berbobot seperti Beautiful Mind atau Da Vinci's Code, pasti aku akan antusias. ngomong-ngomong masalah film, aku dengar hari ini anak-anak mau nonton film 2012 bersama-sama di galaxy Mall. aku kemarin diwanti-wanti Papa supaya tidak usah mengikuti gaya konsumtif seperti itu, jadi aku urungkan saja.

ketika aku hendak meletakkan kepalaku yang mengantuk, Puguh-sensei tiba-tiba memberikan kertas absen UTS padaku dan menyuruhku untuk mengedarkannya ke yang lain. di sana tertulis nilai kami. aku hanya melihat sekilas nilaiku: 82,5. not bad lah... lalu aku mengopernya pada yang lain. ketika kertas itu kembali lagi padaku, abrulah aku meliahtnya benar-benar. ternyata, banyak yang mendapatkan nilai di bawah 50. nilai tertinggi yang dapat diraih hanya 82,5. mereka yang berhasil mendapatkan nilai 82,5 adalah aku, Haru, dan Rezar. bahkan Nene yang bahasa Inggrisnya jauh lebih baik dariku hanya mendapat 72,5. aku ingat dulu Puguh-sensei pernah bilang bahwa nilai tertinggi dari seluruh departemen di FIB diraih oleh kelas kami. itu berarti... nialiku termasuk nilai tertinggi? suatu keberuntungan? entah. aku tidak mau berpuas diri sampai di sini saja. aku harus tetap fokus dan mencapai target yang lebih tinggi lagi.

sorenya aku pulang ke asrama dengan lelah. Erlina mengajakku keluar. dia mau print beberapa materi. aku juga ikut print materi kuliah Ilmu Alamiah Dasar. lebih baik aku print dari sekarang dari pada nanti aku print semua materi sekaligus hingga aku tidak sempat mempelajari dengan maksimal. pulangnya kami beli jus. balik ke asrama aku solat Ashar dan minum jus. lalu tidur.

maghrib pun datang. Papa sms. isinya semacam nasihat. aku tidak bisa menelaahnya dengan baik karena koordinasi otakku masih belum baik. sementara itu, Muhammad sms. dia tanya apa aku ikut demo di UNAIR "menyambut" kedatangan Boediono? aku baru tahu ada demo. aku bilang aku jadi panitia kuliah tamu. nah, pembicaraan kami makin berkembang. menarik juga. aku ke warnet untuk berdiskusi secara online dengannya di YM. anak ini krtiis juga, tapi menurutku kalau dia tidak hati-hati dia akan terseret arus "semangat yang terlalu menggebu-gebu" yah, semacam sindrom yang dialami oelh mahasiswa baru. biasanya pada masa ini mahasiswa ingin diakui eksistensinya sehingga mereka menunjukkan kebolehan mereka dengan berbagai cara. ada yang aktif, maupaun hiperaktif seperti demo itu tadi. kemudian dia bertanya pendapatku tentang demo. dia bilang ingin ikut demo. lalu pertanyaannya berkembang mengarah pada dunia malam. how interesting.. aku salut dia berani terjun langsung ke dunia yang dianggap buruk oleh orang-orang. orang seperti dialah yang dibutuhkan untuk membenahi langsung segala macam kesalahpahaman berkaitan dengan dunia-dunia yang terlalu gelap untuk disingkap. hm... mungkin seandainya kami menjadi satu tim, aku akan menjadi orang di balik layar yang mengatur skenario penelitian sementara dia akan terjun langsung ke lapangan. seru juga ternyata.

yang bisa kunilai dari dia, dia memiliki keinginan yang kuat. terlihat sekali dari cara dia berkomunikasi (walau via chat)dia membutuhkan pengakuan akan eksistensi dirinya. pada porsi tertentu, itu bisa bagus. tapi jika berlebihan akan berbahaya. dia termasuk tipe yang mempertahankan argumen. aku sebagai teman hanya bisa mengiyakan sekaligus mengingatkannya juga. jangan sampai dia lengah lalu terjebak.

banyak hal yang menarik hari ini. aku sangat bersyukur pada Allah yang telah memberikan banyak rahmatNya kepada kami hari ini..

0 komentar:

 

Design in CSS by TemplateWorld and sponsored by SmashingMagazine
Blogger Template created by Deluxe Templates