UAS Minggu terakhir

akhirnya, aku sampai juga pada minggu treakhir UAS semester 1 ini. luamyan juga. ada beberapa mata kuliah yang tidak terlalu sulit, tapi ada juga mata kuliah yang membuatku frustasi seperti Etika, Ilmu Alamiah Dasar dan sebagainya. rata-rata adalah kuliah umum yang membuatku belajar lebih keras. tapi biar bagaimana, sebagian besar sudah aku lalui. tinggal Agama dan PPkn saja yang belum. hue! >o<

yang membebaniku akhir semester ini adalah tugas bahasa Indonesia. sebenarnya bukan tugas biasa, karena ia merupakan soal UAS yang sifatnya take home. tugas itu adalah membuat artikel ilmiah. 10-15 halaman. tidak banyak bukan? tapi entah mengapa susah sekali bagiku untuk menyelesaikan 10 halaman itu. 10 halaman!!! kenapa susah sekali sih???

sejak minggu tenang aku sudah bertapa sekian hari sekian malam mencari ide. ide sudah dapat, mulai mengumpulkan referensi. sepanjang proses itu hingga kini, aku masih belum tahu bentuk asli dari sebuah artikel ilmiah itu seperti apa. apakah sama dengan yang di surat kabar atau lain? aku mencari informasi di intrnet, bertanya pada senior, dan hasilnya tidak memuaskan. aku ingin tugas ini rampung dengan sempurna. tapi ternyata susah! buktinya, sampai hari ini masih saja belum selesai. padahal harus dikumpulkan tanggal 8 Januari, 2 hari lagi!! oh My God...

sekarang aku mencapai 90%. yang tersisa adalah tulisan yang begitu awut-awutan, ditambah cover, abstrak, penutup, daftar pustaka, dan lampiran yang belum dibereskan. oke, bukan 90% yah kalau begitu? aku turunin jadi 85%. huaa!!

rencananya malam ini aku akan mengevaluasi ulang tulisanku. benar-benar tidak sistematis. inilah kelemahanku, tidak biasa menulis secara sistematis. aku terbiasa menulis spontan, karena menulis adalah sesuatu yang mengalir begitu saja dalam diriku, tanpa aku harus tahu untuk apa menulis dan segala macam hal yang bisa membuat gundah. bagiku menulis adalah sesuatu yang menyenangkan, bukan membuat panik seperti ini. mungkin memang lain jika kita menulis dalam lingkungan akademik dengan menulis blog seperti ini. heu...

UAS ini aku belajar beberapa hal. pertama, belajar jangan hanya saat akan ujian. karena kalau begitu, ilmu yang kita dapatkan selama ini tidak ada gunanya selain untuk menjawab soal. mubadzir kan? hidup ini bukan hanya mengerjakan soal ujian kok.

kedua, tumbuhkan semangat belajar secara kontinyu setiap hari. ini penting, karena aku dibiayai, diperjuangkan sampai ke UNAIR ini adalah untuk menimba ilmu. dan... haloo??? untuk apa Papa pontang-panting membiayai aku kalau yang aku dapatkan hanya sesuatu yang hampa? jelas Papa banting tulang cari uang bukan untuk supaya aku bisa bersenang-senang. bukan kan??? makanya aku ahrus menebus semua jerih payah dan dukungan dari keluargaku dengan ilmu yang benar-benar bermanfaat. jadikan ini sebagai penyemangatku. semangat!

ketiga, berlatih menulis secara sistematis. supaya kalau ada tugas seperti ini tidak bingung dan bisa aku selesaikan dengan baik. okelah kalau tugas ini tidak bisa sempurna, karena baru pertama kali. tapi setidaknya tugas berikutnya harus lebih baik!

sebenarnya banyak yang aku petik dari UAS kali ini, tapi aku lupa apa aja :p yah, mudah-mudahan aku bis tetap survive dan semangat setiap hari. amin..

seandainya tulisanku ini bisa kupajang di sebuah tempat, sebagai pengingat begitu. heu...

0 komentar:

 

Design in CSS by TemplateWorld and sponsored by SmashingMagazine
Blogger Template created by Deluxe Templates