Buka Bersama dan Reuni

Ramadhan tahun ini, ada yang berkesan. banyak buka bersamanya! XD pertama, buka bersama anak-anak Sastra Jepang tanggal 30 Agustus 2010. pada momen ini, kami bertemu kouhai angkatan 2010. dari yang kudengar, jumlah angkatan bawah kami itu sekitar 31 mahasiswa, di antaranya 5 orang cowok. waw.... sedikit sekali cowoknya! padahal aku mengharapkan cowoknya bisa lebih banyak, karena aku membutuhkan banyak SDM cowok dalam kepanitiaan Seminar Jepang yang aku pimpin sekarang ini. hahaha.... tapi tak apa, cewek atau cowok gak masalah... semua sama saja...

hari itu, ada yang spesial, Maki-sensei dan Nozomi-sensei bernyanyi untuk kami! diiringi permainan gitar dan bass Pyok, Mentos-senpai, dan Naufal-senpai, mereka bernyanyi dengan merdu. apalagi suaranya Nozomi-sensei, wuiiihhh... merdu sekali! saat mereka menyanyikan lagu kedua, yaitu Memories (endingnya One Piece itu lohhh...), aku sampai histeris. tapi sayang, sebelum mereka selesai menyanyi, aku sudah harus pulang ke Bendul Merisi bersama Gii.


buka bersama berikutnya, tanggal 4 September 2010 bersama anak-anak TV_LCD Castle. yap, bersama para alumni kelas Bahasa 2008-2009! tadinya sih rencana mau diadakan di rumah Desy, mpusku tersayang. tapi akhirnya diubah ke rumahnya Sisca di Jalan Riyanto 56, Prajurit Kulon. saat mendengar kata "Prajurit Kulon", aku langsung mikir. berarti dekat rumahku ya? tapi di mana itu?? akhirnya aku minta Norma menjemputku di halte SMA Negeri 1 Puri dan berangkat bersama. aku datang sekitar jam 5 kurang. Norma belum datang. gantinya, malah aku bertemu Wiwik dan teman-temannya. dia tak bisa ikut buber plus reuni kami, karena dia ada acara dengan teman-temannya itu. aku hanya tersenyum maklum.

aku masih menunggu Norma, dan sesekali mengobrol dengan Wiwik. aku tak bicara dengan teman-temannya (karena gak kenal!), kecuali dengan seorang cowok (mungkin pacar Wiwik). dia bicara padaku, dengan intonasi yang menurutku kasar. apalagi waktu dia bilang, "kon iku wong endi? isok boso Jowo ta gak? sekolah 3 taun ndok kene kok yo gak isok boso Jowo..."

mendengar itu, hatiku sakit. selama ini aku memang berbahasa Indonesia kalau berbicara dengan orang yang tak kukenal. aku benar-benar tersinggung dengan kata-katanya. memangnya dia siapa? songong banget sih... biarin aja kalau aku pakai bahasa Indonesia, memang kenapa! dari pada aku bicara pakai bahasa Jawa ngawur, kan lebih parah. bete banget.... Wiwik langsung menengahi. aku hanya memalingkan pandangan ke arah 'Link'erBell. dasar sial! tapi sebelum mereka berangkat meninggalkanku, cowok itu minta maaf. dia sih ga merasa kata-katanya kasar. saat itu aku tersadar, sifat masing-masing orang itu memang berbeda. mungkin saja sikap kita yang kita anggap baik dan sopan, malah terlihat memuakkan bagi orang lain. dan akhirnya, walaupun aku masih jengkel, aku berusaha memaafkan cowok itu.

jam setengah 6 sore, Norma baru datang. memang dia bilang akan telat karena harus belanja untuk buka bersama ini. kami berangkat. dengan Revo Papa, aku mengikutinya dari belakang. dia cepat sekali! aku hampir tertinggal. saat kami sampai, aku beru tahu kalau rumah Sisca dekat sekali dengan rumahku! tahu begitu ngapain jauh-jauh muter ke SMA Puri ya? hahaha....

begitu kami datang, yang lain sudah berkumpul. memang tidak semua bisa hadir, tapi setidaknya ada 15 (lebih dek kayaknya) anak yang mewakili. senang rasanya berkumpul lagi dengan mereka. ada begitu banyak es, makanan, dan tentu saja tawa. tawa Norma dan Aldi yang begitu khas, mengingatkanku pada masa SMA. ya Allah kok aku sok tua gini sih? ahahaha.... yang jelas aku senang sekali bersama mereka :)


ki-ka: Rima, Bolang, Tutut, Risma, Maya, dan aku :D
sehari kemudian adalah buka bersama alumni SD Al-Husna Bekasi Selatan. beberapa minggu sebelumnya, Firza memang sudah memberitahu via Facebook. tapi apa daya, aku tak bisa ke sana tahun ini. selain tak ada uang, aku juga ga mungkin meninggalkan rumah dalam keadaan yang serba canggung ini. aku berharap tahun depan bisa mengikutinya :)

lalu tanggal 6 September, yaitu kemarin, waktunya buka bersama alumnus SD Sooko 1 angkatan 1997-2003 di rumah Gindho a.k.a Andi, belakang SD Sooko1. walaupun aku tak tahu rumahnya, tapi aku berhasil menemukan rumah itu sesuai petunjuk Arif. saat aku datang, sekitar jam 5 kurang, hanya ada Cicis dan Dini. padahal sudah telat hampir satu jam dari waktu yang ditentukan. namun akhirnya satu per satu berdatangan. aku pangling melihat mereka. mungkin karena lupa dan karena sudah banyak yang berubah. walaupun ada juga yang masih tetap. kami saling bertanya aktivitas yang tengah masing-masing dari kami jalani sekarang ini. ada yang kuliah di STAN, universitas Muhammadiyah, Universitas Negeri Solo.. ada juga yang sudah bekerja, seperti Artanto di Ajinomoto dan Nanang di SPBU Sedati. kami juga mengingat-ingat masa-masa SD dulu. siapakah guru yang paling berkesan, kenangan yang paling diingat, teman yang dianggap paling baik, dan sebagainya. lalu kami mengisi lembar biodata dan menandatangani poster yang tertempel foto SD dulu. amazing! betapa aku menikmati malam itu, walau aku hanya bisa berada di sana sebentar (jam 8 malam aku pamit pulang)

foto kelas 6A angkatanku dulu, bersama wali kelas kami Pak Sugi. aku paling pojok lhooo XD


aku begitu senang bisa berada bersama semua teman-teman lamaku lagi. lalu terlintas sebuah pertanyaan di benakku, mengapa dulu aku bisa tak ingin berada bersama mereka? jenuh? mungkin? tapi jika aku benar-benar berusaha menjauh dari mereka, maka aku adalah orang yang merugi. sungguh beruntung aku bisa memiliki teman seperti mereka.

tahun ini, walaupun Ramadhanku kering ibadah, tetapi Allah dengan kasih sayangNya masih melimpahkan kenikmatan sederhana yang indah. terima kasih dan sujud syukur hamba haturkan padaMu ya Allah....

0 komentar:

 

Design in CSS by TemplateWorld and sponsored by SmashingMagazine
Blogger Template created by Deluxe Templates