Kerja Jadi No-tulen

27 Juli 2011, aku jadi notulen untuk seminar tentang UU RS atas tawaran dari Mas Anton. Tempatnya di Empire Palace! Aku bener-bener excited. Selama ini aku cuma bisa mengagumi kemegahan Empire Palace dari jauh. Sekarang aku bisa masuk ke dalamnya!! >///< Malah mas Indra, temen mas Anton yang menyewa jasaku untuk acara ini, menawarkan aku nginep di salah satu kamar hotel yang jadi ruang sekretariat mereka. Tapi karena Papa lebih suka mengantarkanku pagi-pagi, jadi tawaran itu ngga aku ambil.

Senin sebelumnya, aku dibriefing di Rollaas Cafe, TP. Cerita lengkapnya udah aku posting di blog satunya. Hehe... Jadi aku ngga akan mengulang cerita tentang briefing itu di sini. Maaf ya...

Hari H, aku bangun pagi-pagi, mandi, lalu berangkat dianter Papa jam 5.45. Brrr... Dingin banget! Jam 7 kurang kita udah sampe di Empire Palace. Kita minum susu dulu di warung kopi sebelah. Jam 7 lebih kita masuk, langsung menuju lantai 4 room 927, ruang sekretariat acara seminar ini.

Sampe di kamar itu, cuma ada dua orang laki-laki. Mungkin stafnya mas Indra. Lalu salah satu dari mereka menelepon mas Indra. Ngga lama kemudian mas Indra dateng, dengan muka baru bangun tidur. Aku memperkenalkan Papa ke mas Indra. Setelah berbasa-basi sebentar, Papa pamit keluar. Aku masuk ke kamar itu. Tadinya aku mau ganti celana jeansku dengan rok, tapi kamar mandinya masih dipake. Setengah jam kemudian orangnya baru dateng. Aku ganti bawahan, bersihin muka, lalu pake bedak tipis-tipis. Ngga lupa aku jepit poniku ke atas, biar keliatan lebih rapi dikit. Cuma 15 menit, terus aku keluar. Mbak Eva dan mbak Tari, talent dari Acer (entah perusahaan komputer Acer yang terkenal itu atau EO yang bernama Acer) yang bertugas jadi resepsionis, udah dateng. Mereka udah hampi siap. Wajah udah dipoles make-up. Jadi inget Kome kalau mau syuting atau jadi MC di suatu acara. Minder aku di deket mereka. Abis mereka cantik-cantik banget sih dandannya. Pake sackdress hitam pula. Tambah seksi deh. Beda banget sama aku yang cuma pake blus putih dan rok jeans. Satu-satunya item yang girlie banget cuma wedges hitamku. Oh ya, malam sebelumnya aku sempet smsan sama Kome, tanya enaknya aku pake jeans plus Converse atau rok jeans plus wedges? Kome nyaranin opsi terakhir. Dengan sangat jujurnya aku bilang,

“Masalahnya... aku takut kepleset”

Kome ngakak.

“Aku tak al-fatehan sek sebelum pake wedges”

“Surat Yasin sekalian, Cha”

Aku malah makin ngebanyol, “Sekalian ayat kursi, biar ga dijegal setan waktu jalan”

“Hahahahaha... betul betul betul” jawab Kome ala Upin-Ipin.

Jam setengah 9, mbak Eva dan mbak Tari langsung ke tempat seminar untuk menerima tamu. Aku dan mas Indra menyusul seperempat jam kemudian, menuju Hall 2 di lantai 5. Di lantai yang sama, tetapi di hall yang berbeda, juga ada seminar untuk para guru. Aku lupa apa nama acaranya. Yang jelas jadinya rame banget.

Hall 2 ini bener-bener mewah. Aku melihat ke atas. Plafonnya berornamen klasik dan mewah. Semuanya terkesan keemasan. Lampu-lampu di plafon yang tinggi banget itu seolah-olah dari permata. Jendelanya tinggi-tinggi dan besar-besar, dengan tirai gorden yang cantik-cantik. Untuk peserta sudah disiapkan meja-meja bundar dengan kursi-kursi yang dilapisi kain putih, lalu diberi aksen pita merah. Serasa di istana. Ngga salah sih kalau namanya Empire Palace. Bener-bener keren.

Begitu kami sampai di sana, acara masih belum dimulai. Mas Indra menunjukkan mejaku, meja kecil di pojok depan dekat speaker. Mas Indra bilang aku boleh keluar sebentar sebelum acara dimulai. Tapi karena aku ngga ada temen, jadi aku masuk dan menyiapkan laptopku. Iseng, aku idupin bluetooth. Ternyata bisa akses wi-fi. Aku langsung klik Domdomsoft Manga Downloader, lalu buka Google dan FB. Tapi sialan, Domdomsoftnya cengo. Not responding. Kesel, akhirnya aku matiin.

Sampai jam 10 masih belum dimulai. Banyak orang yang tanya-tanya padaku kapan acara dimulai. Kalau nurut jadwal sih, seharusnya sekarang coffee break pertama. Tapi aku ngga bisa kasih jawaban apa-apa, karena bukan aku yang menghandle rundown. Aku kan cuma orang luar yang disewa.

Sementara itu, aku mulai kedinginan. Akhirnya aku kembali ke kamar sebentar untuk ambil jaket. Sebodo amatlah jaketnya ngga matching sama bajuku. Yang penting aku ngga kedinginan. Aku sempetin ke rest room sebentar dan cuci tangan. Ternyata air dari keran wastafelnya hangat. Aku mau berlama-lama ngangetin tangan. Tapi karena banyak orang yang ngantri, akhirnya ngga jadi deh.

Aku balik lagi ke hall. Duh, rasanya bakalan kesiksa di ruangan dingin gini. Tiba-tiba, salah satu pembicara, Pak Habib Adjie, dan salah seorang panitia menghampiriku. Katanya file presentasinya dikopi ke laptopku. Aku langsung konfirmasi ke mas Indra. Mas Indra bilang ada miss, laptop untuk presentasi malah ngga ada. Jadinya pakai punyaku. Lah terus gimana aku nulis notulensinya? Mas Indra memintaku menulis manual. Yah, apa boleh buatlah. Aku kopi filenya, lalu mengatur supaya remote presentasi Pak Habib bisa dipakai. Aku sebenernya ngga familier sama remote semacam itu. Aku pernah liat, tapi ngga pernah pake. Pertamanya S-jou sempet ngga mau kompromi. Tapi setelah direstart, akhirnya mau juga.

Jam 10 lebih acara dimulai. MC langsung menghadap mikrofon, meminta para peserta untuk mengisi tempat duduk di depan. Lalu pintu hall ditutup. Aku baru menyadari kalau pintunya juga mewah banget. Besar dan penuh ornamen tanaman logam keemasan. Begitu pintu ditutup, aku ngerasa kayak di dalam kastil jadinya. Serem, tapi keren.
Semua peserta menuju meja hidangan, mengambil coffee break. Aku agak ragu ke sana, karena mas Indra ngga bilang apakah panitia boleh ikut menikmati coffee break apa ngga. Tapi aku ngeliat mbak-mbak penerima resepsionis dan panitia lain ngambil kue dan kopi. Aku juga ikutan akhirnya. Di coffee break pertama ini ada hidangan kue tart coklat dan lumpia untuk snacknya. Tartnya menggoda banget. Akhirnya aku pilih satu-satunya piring yang berisi cuma tart aja. Terus aku ambil cangkir dan mengambil teh. Tehnya udah dingin. Ngga bisa menghangatkan badan deh... tapi tartnya luar biasa. Manis coklatnya lembut banget. Makan satu loyang juga ngga bakal enek deh kayaknya. Hahaha.... Ini dia surga pecinta makanan manis, kayak aku :p

Baru makan seperempat potong, MC membuka acara. Buru-buru aku taruh piring kue dan cangkir di mejaku. Tapi karena keliatannya kok ngga pantes banget, akhirnya aku taruh di kursi-kursi belakangku. Lalu acara akhirnya bener-bener dimulai.
Setelah sambutan ketua panitia dan perwakilan dari Dinas Kesehatan provinsi Jawa Timur, pak Habib memberikan materi. Judulnya “Membahas Pendirian Rumah Sakit oleh Swasta harus Berbentuk Badan Hukum sebagai Kegiatan atau Usaha Khusus”. Aku berkonsentrasi penuh mencatat. Beuh, ternyata susah juga. Aku ngga bisa nangkep semuanya dengan detil banget. Cuma garis besarnya aja yang bisa aku tangkep. Lalu setelah itu diskusi dibuka oleh moderator. Banyak pertanyaan yang diajukan. Aku agak pusing pas diskusi itu. Abis kebanyakan mereka ngga to the point. Berbelit-belit. Malah ada salah satu peserta yang kayaknya bernafsu banget pingin “menenggelamkan” UU RS itu. Ya, aku bisa ngerti dikit gimana perasaan para pengelola rumah sakit itu. Dulu, yang boleh membangun RS adalah yayasan. Makanya banyak yayasan yang mendirikan rumah sakit kayak Muhammadiyah, Unisula, dan lain-lain. Sekarang, UU yang baru ini mewajibkan mereka memisahkan rumah sakit dari yayasan mereka terus disuruh bikin badan hukum baru. Ribetlah pokoknya. Yang jelas, kalau mematuhi UU itu, ngga sedikit uang yang harus dikeluarkan yayasan untuk membangun rumah sakit dengan badan hukum yang baru lagi. Yah, mungkin kalau aku jadi pengelola RS bakalan emosi juga.

Jam setengah 2 adalah acara favoritku: ISHOMA alias Istirahat, Sholat, dan Makan. Tapi aku bingung, mau solat, makan, atau ngetik notulensi? Waktu briefing, perjanjiannya notulensi selesai hari itu juga. Lah kalau aku ngetiknya nanti bisa-bisa ngga selesai. Tapi aku sadar, kondisi badanku lagi ngga fit. Kalau aku ngga makan, bisa-bisa pingsan ngga kuat ngelawan dingin. Akhirnya aku putuskan makan dulu. Begitu aku mau berdiri, eh ada orang minta filenya Pak Habib. Aku sms mas Indra, boleh apa ngga aku kasih. karena mas Indra bilang ngga boleh, ya ngga aku kasih. Terus aku buru-buru ambil makanan. Pas ambil makanan, di sisi meja seberangku ada mas Indra yang juga lagi ngambil makanan. Aku sekalian minta izin mau sholat, terus dibolehin. Aku keluar, duduk di meja registrasi, lalu buru-buru makan. Abis itu langsung ke kamar lagi untuk sholat.

Di kamar cuma ada satu orang stafnya mas Indra. Aku agak canggung juga. Tapi aku merasa aman sejak detik pertama bekerja dengan mas Indra. Jadi ya aku tenang-tenang aja. Aku wudhu, lalu sholat. Abis sholat, aku sempetin cuci muka dan ngerapiin dandananku sedikit. Aku keinget mbak-mbak tadi. Dandanan mereka lebih ribet dari aku. Tapi kok kayaknya mereka ngga repot benerin make-up ya? Apa karena make-upnya tahan lama? Kok bisa? Karena kualitas dari make-up mahal? Atau karena teknik? Ah, suatu saat nanti aku pasti juga bakal ngerti kalau aku terbiasa dandan. Tapi itu nanti. Sekarang mikir kerjaan dulu.

Begitu sampai di depan lift, ada misscall dari mas Indra. Wah, masa udah dimulai lagi? Terus ada sms dari mas Indra yang nyuruh aku cepetan karena acaranya udah dimulai. Walah... mana liftnya penuh lagi. Aku harus nunggu lift ke atas. Terus setelah dapet, aku langsung jalan cepet-cepet. Ajaibnya, aku ngga kepleset walaupun pake wedges. Apa karena karpet di Empire Palace ngga licin ya? Ah, ngga penting. Yang penting kerja dulu, kerjaaa....

Sampai di hall, MC dan mas Indra mempersilakanku masuk. Waduh, ditunggu banyak orang nih. Aku minta maaf sama mas Indra. Tapi mas Indra malah bilang, “Ngga, ngga apa-apa. Aku yang minta maaf”

Aku tertegun. Kenapa malah mas Indra yang minta maaf? Masa iya cuma basa-basi? Tapi aku ngga yakin mas Indra cuma lip service doank. Dia orangnya santai, tenang dalam menghadapi kerjaan. Aku belum pernah ngeliat dia marah-marah, walaupun kerjaannya menghimpit. Aku kagum padanya. Aku jadi belajar bagaimana caranya menghandle pekerjaan yang berhubungan dengan banyak orang.

Aku buru-buru ke meja dan buka laptop. Pembicara kedua, Pak Budi Sampurno, mengumumkan, “Sepertinya operator sudah datang” Heuh, aku notulen, Paak... Bukan operator. Tapi ya udahlah. S-jou ngambek lagi. Duh, bingung aku. Mas Indra menyuruhku tetap tenang. Aku jadi agak tenang dikit. Untung aja S-jou ngambeknya ngga lama-lama, ngga kayak aku. Hehehe... Begitu dia idup, langsungnya filenya aku kopi . Lalu muncul deh slide presentasinya.

Karena Pak Budi ngga pake remote kayak Pak Habib tadi, akhirnya aku bener-bener jadi operator. Walah, ngga bisa nyantet notulensi nih... Ya udahlah, nanti liat di file presentasinya aja, pikirku. Untung presentasinya ngga lama-lama. Lalu dibuka deh diskusi lagi. Kebanyakan yang tanya ya orang-orang yang tadi tanya di sesinya Pak Habib. Aku sibuk mencatat pertanyaan dan jawabannya.

Dalam hati aku bersyukur banget karena aku bisa terus konsentrasi pada semua pembicaraan, baik dari awal sampai akhir. Emang ada sedikit yang miss, karena sempat diajak ngomong sama orang lain. Tapi sebagian besar pembicaraan bisa aku tangkap dan aku simpen di dalam ingatan. Bahkan dengan ajaibnya, aku bisa memahami alur maksud diadakannya seminar ini, yaitu harapan akan adanya kerja sama dari semua pihak untuk bersama-sama mematuhi UU yang dipersoalkan itu. Dalam hal ini, notaris menawarkan diri untuk membantu para pemilik RS untuk mengurus hal-hal yang menyangkut perizinan seperti yang diminta oleh UU. Lalu Kementrian Kesehatan menyatakan terbuka untuk menerima dan memberi solusi mengenai masalah yang akan ditimbulkan oleh UU ini. Aku sendiri sampai heran, kok ya bisa aku ngerti. Padahal aku awam banget masalah hukum dan kerumahsakitan. Ya, inilah pertolongan dari Allah Subhanallahu wa Ta’ala. Aku ngga bisa ngebayangin gimana kalau seandainya aku bener-bener ngeblank, ngga ngerti jalan cerita seminar ini. Bisa kacau kerjaanku. Makanya, aku bener-bener bersyukur karena Allah telah memberikan pertolonganNya kepadaku.

Ceramah kedua berakhir. Ada coffee break lagi. Tapi kali ini aku ngga ikutan karena aku putuskan untuk segera menyelesaikan notulensi ini. Panel dan penutup aku lewatkan. Sekitar jam 4 lebih acara bubar. Aku keluar, lalu duduk di meja registrasi, sambil terus berkutat sama laptop kayak nerd. Aku tolah-toleh mencari mas Indra. Sampai sekitar jam setengah 5 aku masih terus duduk di meja registrasi sambil ngetik. Terus, salah satu staf mas Indra mendekati meja registrasi untuk beres-beres. Aku tanya padanya di mana mas Indra. Ternyata mas Indra udah di kamar. Katanya, aku udah ditunggu. Walah, kok ngga ngomong-ngomong. S-jou aku ganti ke mode sleep, terus ke kamar.

Dari luar kamar, aku mendengar suara Papa lagi ngobrol sama mas Indra. Sepertinya obrolan yang menyenangkan. Aku masuk lalu menyalami Papa. Aku lapor sama mas Indra kalau notulensinya belum selesai aku ketik. Mas Indra bilang biar nanti dikirim via e-mail aja, daripada aku pulang kemaleman. Aku cengo. Bener ngga apa-apa nih? Tapi ya syukurlah tugasku boleh kubawa pulang. Biar nanti aku rapiin sekalian deh. Mas Indra memintaku tanda tangan di kuitansi sebagai tanda kalau aku udah terima uangnya. Setelah aku tanda tangan, mas Indra memberiku uang di dalam amplop kabinet putih. Aku speechless, ngga ngerti harus bereaksi gimana. Seneng itu udah pasti, tapi di sisi lain aku ngerasa ngga enak menerima hak lebih dulu, padahal kewajibanku masih belum rampung. Tapi aku terima uangnya dan berterima kasih sekali pada mas Indra. Mas Indra bilang, “Jangan kapok loh ya..” Aku spontan menjawab, “Oh, ngga kok Mas...” Lalu ketawa.

Setelah ganti rok dengan celana jeans, dan wedges dengan sepatu sandal lagi, aku dan Papa pamit pulang. Huah... pegel banget rasanya. Tanganku kaku dan sakit. Tapi aku senang, karena aku bisa dapat uang senilai gaji mengajar sebulan hanya dalam satu hari. Ah, coba bisa gini terus tiap hari ya? Hahaha...

Aku pulang dengan perasaan bersyukur dan ingin segera istirahat.

0 komentar:

 

Design in CSS by TemplateWorld and sponsored by SmashingMagazine
Blogger Template created by Deluxe Templates