Menuju Jepang

finally, penantianku berakhir sudah.

tanggal 22 Juli 2013 kemarin, e-mail dari Hiroshima Daigaku datang sudah. pas hari itu, pasporku juga udah selesai.

jadi, resmilah saya diterima di Hiroshima Daigaku. saking seneng dan leganya sampai lemes xD

mungkin aku bisa dibilang cukup beruntung, soalnya aku ada temen. Dida (nama aslinya siapa aku lupa, yang jelas panjang dan ga gampang diinget -,-) dari UNBRAW juga keterima di sana. dia orang pertama yang ngasih tau aku soal e-mail dari Hiroshima itu. makanya abis ambil paspor aku langsung buru-buru pulang buat buka e-mail :D

bukan cuma itu, Syahrur-sensei juga nanti mau lanjut S3 di Hiroshima Daigaku. lengkap deh pendamping saya selama di sana hahaha...

di e-mail itu, kita diminta kirim foto dan nama untuk tanda pengenal selama di sana. nanti mereka kirim e-mail lagi mengenai tanggal keberangkatan dan nomor kamar di Hiroshima University International House. aku langsung sujud syukur, karena malem sebelumnya aku panik browsing soal apartemen dan aku dibuat pusing karena biayanya. eh ternyata, Tuhan begitu baik hati. aku ga perlu pusing-pusing cari apartemen, dan lagi biaya sewa I-house per bulannya lebih murah dibandingkan di luar. wohoooo~

sejak hari itu, aku jadi semakin ngga sabar nunggu bulan Oktober. tapi, biar gimana juga ada banyak hal yang aku pikirin. awalnya sih cuma masalah sepele kayak peralatan makan, di mana mau cari sayur dan buah (saking terobsesinya pingin hidup sehat, yang kupikirin cuma sayur dan buah, tapi ga kepikiran nasi donk -,-) plus berapa harganya, nanti pakai handphone dan provider apa, di mana cari lungsuran sepeda, berapa biaya sambung wi-fi sampai ke kamar, dan sebagainya.

karena bingung, aku jadi banyak tanya ke Andi-sensei. aku dapet banyak masukan, bahkan bantuan. dari situ aku agak lega, setidaknya untuk urusan remeh temeh tadi itulah.

tapi, masih ada masalah lain yang aku pikirin.

sebenernya, ada rasa takut kalau nanti aku ga bisa survive di sana.

sekarang ini alhamdulillah aku udah N2. tapi, aku masih bener-bener tau sejauh mana kemampuanku berkomunikasi (terutama lisan) dalam bahasa Jepang. bisa ngomong lancar ga ya? gimana seandainya ga lancar? gimana kalo nanti di sana aku malah jadi pendiam? bla bla bla dan bla.

karena itu juga, aku makin gencar nonton dorama atau bangumi. soalnya kesempatan aku buat ngomong bahasa Jepang selama di sini itu sedikit, sejak Satoshi dan Kazuma pulang. apalagi aku ngga seberapa dekat sama Hokuto dan Mika. partner yang bisa diandalkan ya Nene, tapi kapan juga bisa bener-bener praktek ngomong langsung, sementara dia jarang beredar di kampus? akhirnya aku mikir, setidaknya aku harus banyak denger percakapan bahasa Jepang, biar kemampuan bahasa Jepangku ngga ilang sama sekali.

terus, aku juga agak takut kalau seandainya nanti di sana aku ga mampu ngikutin pelajaran. aku udah sering banget denger cerita kalau belajar di Jepang itu susah dan super ketat. aku takut, nanti aku ga bisa selesai dengan baik, akibatnya nilai yang ditransfer ke sini juga lebih rendah kan. ya aslinya juga aku ngga seberapa peduli pengaruhnya ke IP. cuma ya pada akhirnya nanti malah ngecewain pihak lain, bahkan mungkin di masa depan nanti aku juga nyesel kalau hasilnya ngga bagus. aku takut gara-gara ga bisa ngikutin terus akhirnya aku malah jadi tambah stres. beuh.

aku juga agak stres soal uang. aku ngga tau nanti Monbusho bakal ngasih berapa ke pesertanya. aku cuma takut seandainya aku jadi boros dan akhirnya ga mampu nabung. terus belum lagi pra-berangkat ini. udah ada semacam pemberitahuan kalau uang dari Monbusho baru cair di akhir bulan pertama. sementara kita nanti datengnya awal bulan. dengan kata lain kita harus siap uang untuk hidup satu bulan pertama kan. mereka nyaranin kita bawa sekitar 100.000 yen (sekitar sepuluh juta rupiah). hembok, itu uang banyak, dapet dari mana coba? Dida malah sampai mau jual motornya buat modal ke sana. haduh, stres udah aku.

dan masih banyak lagi ketakutan lainnya.

tapi ya, biar gimana juga harus dihadapi kan.

sekarang ini, yang harus aku lakukan adalah super bersyukur karena udah dikasih kesempatan langka menuju Jepang.

aku juga harus banyak berdoa, mudah-mudahan mulai dari sebelum berangkat sampai pulang nanti ke Indonesia, semuanya lancar-lancar aja tanpa halangan yang berat-berat. mudah-mudahan juga aku bisa dapet banyak pelajaran, pengalaman, dan sebagainya (dan yang jelas, ga dapet masalah).

iya, harus begitu donk. positive thinking.


Hiroshima, I'm coming! :3

0 komentar:

 

Design in CSS by TemplateWorld and sponsored by SmashingMagazine
Blogger Template created by Deluxe Templates