Persiapan

sebelum ke inti cerita, aku mau OOT sebentar.
aku ngerasa, kayaknya aku bisa ngerti perasaan orang-orang yang ngga mau aktif di social media.

ya abis gimana ya, banyak orang rese sih....

aku sempet juga pingin marah-marah sama orang rese itu. tapi untung, aku diingetin sama suatu kalimat (entah aku denger dari siapa atau baca di mana, aku lupa) kalau apapun yang dipublish di social media, ya berarti itu untuk dishare dengan orang lain. kalau ngga mau dikepoin ya jangan dishare donk.

jadi aku sadar, lalu memutuskan untuk ngga terlalu banyak share di FB atau Twitter. mending tulis di blog aja.

yaa emang sih blog juga termasuk social media. tapi, karena ngga ada yang namanya "news feed", "timeline", "linimasa", dan semacamnya (oke, ada sih Google Buzz, tapi itu pun di tempat yang ngga mencolok), kita ngga ada keharusan untuk membaca postingan orang lain kalau kita ngga mau. kalau kita mau, kita cukup melipir ke blog yang bersangkutan.

jadi bisa disimpulkan, kalau nulis di blog, ngga banyak orang rese. lebih tenang.

tapi kelemahannya (mungkin) karena ini blog, mau ngga mau terdorong buat nulis panjang. ngga bisa instan kayak FB atau Twitter. ya iyalah, nanggung amet mau nulis pendek di blog :s

emang, kalau di blog kita ngga bisa banyak berinteraksi. kita ngga tau siapa yang membaca tulisan kita dan seperti apa reaksinya. tapi tetep, aku pingin ngucapin terima kasih banyak untuk mereka yang mau melipir dan baca-baca tulisan randomku ini. semoga bisa sedikit menghibur anda-anda sekalian yang sumpek atau berharap menemukan informasi penting (tapi ternyata kena PHP di sini hahaha :p)

oke, masuk ke inti cerita.

hari ini, ittenary (semacam draft) tiket pesawat untuk peserta Monbusho udah keluar. tadi dishare di grup MEXT 2013 Japanese Studies. di situ tertulis aku dan Dida berangkat tanggal 1 Oktober dari Bandara Soekarno-Hatta. sementara Nene berangkat tanggal 3 Oktober.

seneng sih, akhirnya ada kepastian. tapi rada kesepian juga, soalnya ngga bareng-bareng. apalagi ngga bareng Nene :(

tapi ya setidaknya aku ngga sendirian. masih ada Dida. ya untung aja sih. soalnya di bandara Narita kita masih harus oper ke Haneda, baru ke Kansai. astagaa, bisa-bisa nyasar aku kalau ngga ada temen :'(

kalau liat dari jadwalnya sih, kita transit di Tokyo lumayan lama. Dida bilang masih bisa ke Akihabara atau Tokyo Tower gitu. wiii, aku mau >w<

tapi rada takut juga sih. gimana kalau misalnya kita ngga tepat waktu di Haneda? woooo >.<

ya mudah-mudahan sih ngga ada hal-hal semacam itu.

terus mengenai persiapan di sini.... yaa, ini sih masih nunggu gimana keputusan jurusan, apa aku dan Nene bisa dapet keringanan buat SPP selama cuti di UNAIR atau ngga. kalau udah pasti, rencananya mau urus cuti.

aku juga udah sempet liat-liat koper. bulan ini ada diskon sih. lumayan lagi. 30-50%. aku termasuk beruntung lah. jadi setidaknya kan aku bisa aja dapet koper kualitasnya bagus tapi dengan harga yang masih bisa dijangkau.

mengenai visa, yaa... tadinya sempet mbulet karena salah satu staf Kedubes bilang kalau Konjen di daerah belum bisa buat urus visa. aku sih rada ngga percaya, karena waktu aku telpon, Konjen bilang bawa aja dokumennya ke sini. waktu aku ke sana juga, ternyata bisa kok. malahan tanggal 19 udah bisa diambil.

aku juga mulai hari Kamis kemaren belajar main gamelan. ini persiapan buat acara kebudayaan di sana. aku ngga tau sih apa nanti ada gamelan apa engga, tapi setidaknya kan ada yang bisa aku pelajari di sini. ternyata belajar gamelan itu susah-susah gampang. malah lebih banyak susahnya mungkin. apalagi aku udah lama ngga bersentuhan sama notasi musik. jadinya rada lemot waktu latian. hahaha...

tapi aku seneng belajar gamelan sama anak-anak Pakar Sajen. mereka semua baik, ramah, dan lucu.

bersyukur banget karena urusan yang besar-besar dimudakan dan udah hampir selesai. tinggal masalah packing dan beberapa hal yang ngga terlalu urgent. tapi tetep itu harus diurus dari sekarang.

terus soal skripsi....

aku masih tetep buntu ( _ _)

tapi setidaknya ada sedikit kemajuan. iya, sedikit banget. hahaha...

anyway, kemarin aku coba e-mail penerbit Indonesia Tera (lagi).

sebelumnya kan aku e-mail, mau request buku-buku terbitan Indonesia Tera tahun 2001. tapi karena penerbit ini ganti manajemen (!), jadi buku-buku lama udah ngga dicetak lagi. katanya kalau butuh arsipnya, silakan dateng sendiri ke kantornya.

pikiranku, ke Jogja? mau sih, tapi gimana?

tapi Allah kasih aku satu batu loncatan lagi.

aku ketemu sama salah satu peserta Monbusho dari UGM. namanya Katya. dia sebenernya tinggal di Surabaya, tapi kuliah di Jogja. beberapa minggu lalu kita ketemu di FIB karena dia mau masukin poster acara Sastra Jepang UGM, Mangafest 2013.

ngobrol punya ngobrol, Katya bersedia ke kantor Indonesia Tera. uwwoooooo....!

karena itu, aku semangat buat ngejar buku ini. aku e-mail lagi penerbitnya, cerita kalau Katya mau mewakili aku ke sana buat minta data buku itu.

terus, dateng e-mail balesan mereka.

penerbit Indonesia Tera bersedia minjemin buku yang aku maksud dalam jangka waktu tertentu. pokoknya nanti tinggalin tanda pengenal yang masih berlaku.

sujud syukur, senengnya bukan main.

eh tapi....

ada syaratnya:

"kalau skripsinya sudah selesai, mohon kami dikirimkan copy-nya untuk dijadikan arsip"

eeeaaaaaa.........

yaa, aku mau-mau aja sih ngirimin copy-nya. tapi, tapi, tapi... masalahnya, kapan skripsiku selesai :')

kan aku mau ke Jepang dulu setaun :(

bingung, sekaligus bersemangat. rasanya kayak dicambuk buat ngerjain skripsi lagi.

tapi emang, sengebut apapun, aku bakal tetep sidang setelah pulang dari Jepang. artinya skripsiku baru komplet setelah itu. nah loh, mau ngga ya pihak penerbit nungguin selama itu....

ya gimana nanti aja sih, yang penting dijalanin dulu aja. gimana nanti jadinya, aku harus menjelaskan baik-baik ke pihak penerbit.

but after all, I feel so blessed :3

mudah-mudahan semua persiapan berjalan dengan lancar. juga skripsiku, mudah-mudahan progresnya lebih banter lagi. aamiiiiin.....

0 komentar:

 

Design in CSS by TemplateWorld and sponsored by SmashingMagazine
Blogger Template created by Deluxe Templates