Satu Minggu Pertama Kuliah

ngga kerasa udah satu minggu kuliah. belum apa-apa udah ditargetin skripsi. hahaha.... Sensei udah kasih wejangan ke anak-anak yang ngambil mata kuliah Desain Karya Ilmiah dan Proposal untuk memikirkan tema penelitian. ya emang sih aku baru bisa ambil skripsi semester depan, tapi setidaknya harus dipersiapkan dari sekarang. aku sih belum kepikiran mau nulis apa, tapi setidaknya aku udah mikirin mau bahas siapa, yaitu Kaneko Misuzu. Wanita yang tanggal lahirnya sama kayak aku ini (uehehehe) adalah penulis puisi anak-anak Jepang. puisinya ringan, sederhana, tapi indah, dan tentu saja, bermakna dalam. aku suka banget puisi, dan mungkin puisi Kaneko jadi salah satu favoritku. Kaneko-lah yang berhasil membuat aku sadar kalau indah itu bisa berasal dari hal-hal yang sederhana. and I listed her as my inspirational poem.

jadi, selama seminggu ini aku coba cari referensi tentang Kaneko. aku ubek-ubek ruang baca jurusan, tapi sayangnya ngga ketemu. big heartbreaking. tapi, aku menolak untuk menyerah. jadi, aku menghadap Eli-sensei. aku ceritain masalahku. dan, ting! Eli-sensei kasih solusi. kata Eli-sensei, ada teman Gandhi-sensei yang mau pulang ke Indonesia dalam waktu dekat ini. jadi, aku disuruh email Gandhi-sensei, minta tolong belikan buku yang aku butuhkan supaya bukunya bisa dititipkan ke teman beliau. nanti begitu teman beliau sampai ke Indonesia, buku itu akan dikirim ke Surabaya. ngga pake lama, aku langsung idupin S-jou terus browsing ke Amazon.co.jp. di situ banyak buku yang berhubungan dengan Kaneko Misuzu. aku minta pendapat Eli-sensei, kira-kira buku mana yang bisa jadi referensiku. Sensei merekomendasikan dua buku, yaitu Kaneko Misuzu Meishishuu (Kumpulan Puisi Kaneko Misuzu) dan Kaneko Misuzu Kokoro no Uchuu-21 seiki e no Manazashi Sono Shougai to Sakuhin (Kumpulan Karya dan Riwayat Hidup Kaneko Misuzu: Space of Heart-Menatap Abad 21)

namanya buku impor, pasti agak mahal. makanya, aku cari yang buku bekasnya aja. ngga apa-apalah bekas, yang penting isinya masih komplit dan layak baca :D
syukurlah versi buku bekasnya masih ada. aku langsung email Gandhi-sensei dan aku kasih link-nya. Sensei bilang mau liat dulu, nanti kasih kabar lagi. dalam hati aku bersyukur banget karena Allah memberiku jalan.

selain skripsi, aku juga lagi persiapan buat tes Noryouku Shiken N2. sebenernya sih, salah satu syarat kelulusan Sastra Jepang UNAIR itu minimal N3. alhamdulillah posisiku udah safe, karena aku udah lulus N3. tapi, aku punya cita-cita, yaitu lulus N1. N1 ini level tertinggi dan ngga banyak orang yang bisa lulus N1. setau aku sih, di antara dosen-dosen kita sekarang, baru Andi-sensei yang lulus N1. emang ini level dewa bangetlah. Nene taun ini ambil N1. emang brilian banget itu anak. makanya aku juga ga boleh kalah! aku bakal berjuang supaya bisa lulus N2 taun ini! kalau udah lulus, insya Allah aku mau lanjutin N1 di Jepang pas aku S2 nanti. hehe... amiiiiin...

itulah sedikit cerita tentang seminggu pertama kuliah. semester ini aku ga banyak kegiatan selain fokus sama kuliah dan tes N2. aku banyak di kos atau di rumah, baca-baca referensi, atau mantengin S-jou dan Aida :D

hmm... cerita apa lagi yaa... oh, ya. dulu di kos, aku lebih sering nutup pintu supaya dapat privasi. tapi sekarang, aku lebih sering membukanya. aku ingin berinteraksi lebih banyak dengan teman-teman kos. di kampus juga begitu. aku sapa orang-orang yang aku temui, termasuk sama orang-orang yang ga terlalu akrab sama aku. ngga disangka, respon orang-orang itu positif banget. adik-adik kelasku, kakak-kakak kelasku, anak jurusan lain kayak Angger, Lia, dan lainnya. mereka menyapaku ramah, lalu kita ngobrol-ngobrol sedikit. mereka komentar tentang penampilan baruku. semuanya sih memuji. senangnya! lebih senang lagi karena bisa berinteraksi positif dengan banyak orang :)

kalau orang memperhatikan dan tau apa aja yang aku alami, mungkin mereka akan menaruh kasihan atau simpati. aku sendiri, seandainya mau terus menuruti kesedihan, ya selamanya aku akan jatuh terpuruk dalam kesedihan itu. mungkin "aku yang dulu" adalah orang yang seperti itu. selalu menanti seseorang untuk menyelamatkanku. tapi sekarang, aku coba untuk berubah. aku belajar untuk merasa bahagia. bukan berpura-pura bahagia, tapi justru lebih membuka mata. ada begitu banyak kebahagiaan di sekitarku, mulai dari hal kecil sampai besar. eh, kayaknya aku udah pernah ngomong gini di postingan sebelumnya ya? hahaha... tapi ya emang bener sih, aku merasa bahagia sekarang, apapun keadaan yang aku hadapi.

apa aku berubah? ya, aku emang berubah. tapi, bukan berarti aku "lupa pada kulit". terkadang aku teringat pada kenangan-kenangan. "aku yang dulu" mungkin akan terluka setiap kali mengingat kenangan itu dan berusaha membuang segala sesuatu yang berhubungan dengan kenangan masa lalu. tapi, "aku yang sekarang", bisa tersenyum setiap mengingatnya. aku tetap menyimpan kenangan-kenangan itu, karena kenangan bersama orang-orang yang aku sayangi adalah salah satu hal yang membuatku bahagia. aku rawat barang-barang yang membuatku teringat pada kenangan masa lalu dengan rapi. dan.. entah kenapa setiap kali merawatnya, ada kebahagiaan tersendiri buatku. dari kejadian ini, aku dapat satu ilham: semua kenangan itu  bukanlah alasan buat aku bersedih. mereka adalah sumber kekuatanku. 

sejak aku belajar memperbaiki cara pandangku, perasaanku terhadap orang-orang di sekitarku pun berubah. aku jadi lebih sayang dan pingin jadi lebih sayang lagi pada mereka. aku belajar menyayangi orang-orang, baik yang sekarang ada di sisiku maupun mereka yang kini sedang memilih untuk tidak berada di sisiku. aku belajar berterima kasih pada mereka dan mengingat kebaikan-kebaikan mereka. dengan begitu, rasa sayangku semakin kuat. aku pun bisa move on, menghadapi hari dengan penuh senyuman.

aku menyayangi orang-orang sekitarku dengan caraku sendiri. aku berusaha memberikan yang terbaik bagi mereka. mungkin ada beberapa orang yang kecewa karena mereka menganggap aku ngga seperti yang mereka harapkan. aku ngerti banget perasaan itu. aku pun pernah merasa terluka kalau ketemu orang yang tidak memenuhi ekspektasiku. tapi kini aku menyadari, orang yang tidak memenuhi ekspektasi bukan berarti musuh kita. malah mungkin, mereka udah melakukan sesuatu yang terbaik untuk kita dan mereka sayang sama mereka. itulah yang sekarang aku lakukan. aku berusaha melakukan apa yang bisa membuat orang itu dan aku menjadi lebih baik. mungkin sekarang orang itu ngga mengerti, tapi aku percaya suatu saat dia akan mengerti. harapanku, pada saat itulah dia berubah jadi lebih baik.

haiyah, malah jadi ngalor-ngidul ke mana-mana. hehe... ya ini sedikit sharing aja. sekalian jadi titipan buat "aku yang di masa depan". aku ingin diriku selalu mengingat hikmah dari setiap pelajaran yang aku alami setiap hari. aku ingin diriku selalu tegar. aku ingin diriku jadi lebih baik. yang paling penting, aku ingin diriku selalu mengingat impian-impianku dan berusaha mewujudkannya. tak ada yang mustahil. aku percaya aku bisa menjadi lebih baik dan impian-impianku bisa terwujud.

wish you and me never ending happiness :)

2 komentar:

UtsukushiiKaze mengatakan...

Kakak mau tanya nih.. Kakak ngebahas tentang Kaneko Misuzu ya?
Mau tau dong kak, Cari riwayat hidup kaneko misuzu dan latar belakang kaneko misuzu atau alsan misuzu bikin puisi itu dimana ya kak? mungkin ada link2 khusus..
saya ada tugas untuk membahas kaneko dalam mata kuliah nihonbungaku pak budi.
terima kasih atas perhatiannya dan bantuanya. :)

Djayeng Channissa mengatakan...

to UtsukushiiKaze

iya, aku bahas tentang Kaneko. kalau tentang riwayat hidupnya, mungkin agak susah carinya karena ngga banyak yang membahas lebih detil tentang dia. kalau aku pake referensi yang diterbitkan di Jepang, judulnya "Kaneko Misuzu Meishishuu" sama "Kaneko Misuzu Kokoro no Uchuu" (bisa liat di amazon.com)

ini juga ada link Kaneko Misuzu museum. di situ suka ada puisi sama reviewnya

http://www.city.nagato.yamaguchi.jp/misuzu/column.html


mungkin buat referensi tambahan, coba tonton drama "Kaneko Misuzu Monogatari: Minna Chigatte, Minna Ii" kalo link-nya aku ngga punya. soalnya yg download temenku hehehe

mudah-mudahan bisa membantu :)

 

Design in CSS by TemplateWorld and sponsored by SmashingMagazine
Blogger Template created by Deluxe Templates